Kumpulan Cerpen (Cerita Pendek) Fiksi dan Non Fiksi Indonesia Serta Informasi Menarik.

Saturday, 19 November 2016

Tips Menyeduh Kopi


source : pixabay.com
Hey, hey, hey! Selamat pagi siang sore malam, Sodara!

Beberapa hari yang lalu, saya kedatangan kawan lama asal Jawa Timur yang sudah 7 tahun ke belakang menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta. Selain sekedar bersilaturahmi, kawan saya itu juga memberikan sedikit tips tentang bagaimana menyeduh kopi agar hasilnya nikmat-maksimal.

Setelah saya coba rangkai menjadi tulisan, beginilah step-step menyeduh kopi ala kawan saya itu;

Pertama, kita gunakan kopi hitam Kapal Api (Ini sama sekali bukan iklan melainkan sekedar menyesuaikan saja dengan apa yang dikatakan kawan saya tadi). Pilihlah kopi hitam KA ini yang murni kopi hitam, alias bukan kopi yang telah di-mix (bercampur) dengan gula dari pabriknya. Ini penting, karena hasilnya akan sangat berbeda.

Sediakan gula, air ekstra panas (Harus yang masih baru mendidih, ya!), cangkir kopi, serta sebuah sendok kecil alias sendok teh.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;
            
            ·         Ambil 2-3 sendok teh kopi hitamnya ke dalam cangkir;

            ·         Lalu tuangkan air ekstra panasnya;
            
            ·         Baru kemudian tambahkan gula sesuai selera;

        Biasanya, kata kawanku tadi, dosis gula yang paling nikmat adalah sekitar 75% dari dosis kopinya. Misal kopinya 2 sendok teh, maka gulanya cukup antara 1 - 1,5 sendok teh saja.

        Akan tetapi, dosis gula ini benar-benar harus disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalkan kalian suka kopi pahit, maka beri saja gula separuh takaran kopinya. Atau jika kalian suka kopi manis, maka tambahan gulanya sebanyak dosis kopinya atau lebih.
·         Setelah kopi yang dituangi air tadi telah diberi gula, maka mulailah kalian aduk pelan-pelan (pakai perasaan hehehe). Usahakan diaduk dengan membentuk huruf V, M atau W. Jangan diaduk memutar seperti membentuk huruf O.
·         
                               Saat tangan kalian mengaduk tersebut, maka seharusnya akan muncul foam atau busa berwarna kecoklatan di bagian atas. Jika sudah demikian, maka dari jarak tanpa perlu hidung kalian dekatkan ke cangkir kopi kalian, pun aroma kopi nikmat dapat tercium.
·          
          Jika aroma kopi sudah kalian rasai begitu menggoda, jangan terburu-buru untuk menyeruputnya. Karena sudah pasti lidah kalian akan kepanasan. Hehehe. Sebaiknya kalian diamkan antara 4-7 menit baru kemudian seruput pelaaaaaaan sekali.

Bagaimana rasanya? Nikmat bukan?

Demikianlah tips menyeduh kopi hitam Kapal Api dari saya serta oleh kawan saya ini saya sampaikan. Terimakasih telah menyimak dan,

Selamat menikmati kopi kalian.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *