Kumpulan Cerpen (Cerita Pendek) Fiksi dan Non Fiksi Indonesia Serta Informasi Menarik.

Monday, 27 February 2017

Tutorial Membuat Blog Lengkap Sederhana

Halo semuanya. Separowae kali ini akan membagikan sebuah cara alias tutorial sederhana dan lengkap tentang bagaimana membuat Blog via Blogger disertai gambar untuk memudahkan sampai bisa posting artikel pertama. Bagaimanakah langkah-langkah alias step-stepnya? Silakan disimak selengkapnya di bawah ini.
ilustrasi gambar dari isaca.bo

Pertama-tama masuklah ke blogger.com
Sebelumnya, pastikan dulu Sodara-sodara sekalian sudah memiliki akun google (gmail). Jika Sodara belum memilikinya, kawan-kawan blogger sudah banyak yang membahas secara detail bagaimana membuat akun google. Salah satunya, bisa Sodara kunjungi di sini.

Pada laman blogger.com, Sodara akan melihat tampilan seperti ini. Silakan klik "SIGN IN" atau "MASUK".
Gambar 1.
Selanjutnya, Sodara akan diarahkan ke laman lain untuk memasukkan akun google Sodara. Silakan isi alamat email Sodara, lalu klik "Berikutnya" atau "Next" dan masukkanlah password akun google Sodara.
Gambar 2.
Kemudian, Sodara akan diarahkan ke Dashboard Blogger. Di sana, kira-kira tampilannya akan seperti gambar 3 di bawah ini. Sodara sebaiknya membaca apa yang ada di kotak yang saya lingkari pakai garis warna merah. Jika sudah paham, Sodara boleh meng-close-nya. Lalu, klik "BUAT BLOG BARU" atau "CREATE NEW BLOG".
Gambar 3.
Jika sudah, Sodara akan mendapati pop-up window baru. Di pop-up window ini, Sodara silakan isi Judul Blog sesuai keinginan Sodara. Pada kolom judul ini, Sodara mau memberi judul apa saja terserah meskipun ada blog lain dengan judul yang sama juga tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah, kolom di bawahnya yaitu "Alamat". Di situ, Sodara harus mencari Alamat yang "Tersedia" alias "Available". Sodara mungkin sudah menyiapkan ingin membuat blog dengan alamat url "separowae.blogspot.com" tentu saja Sodara tidak bisa karena alamat tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Dan, sayalah orang lain tersebut. Hehehehe.

Ini penampakannya, kalau Sodara masih belum jelas. Saya berikan dua gambarnya sekaligus untuk melihat perbedaan mana yang "Tersedia (Available)" dan mana yang "Tidak tersedia (Unavailable)".
Gambar 4.
Gambar 5
Untuk Template, silakan Sodara pilih semau Sodara. Nanti, urusan Template ini akan saya berikan tutorial sederhananya di lain waktu. Yang penting, sementara ini Sodara memiliki Blog terlebih dulu saja. Oke?

Jika Sodara sudah menemukan Alamat yang cocok dan alamat tersebut tersedia, maka Sodara tinggal klik "Buat Blog!" atau "Create Blog!". Sampai di sini, Sodara sudah bisa disebut sebagai Blogger karena sudah memiliki Blog sendiri. Silakan Sodara pamer-pamerkan Blog baru tersebut ke teman-teman dan keluarga Sodara sekalian. Hehehehe.

Selanjutnya gimana? Ngopi dulu. Kalau sudah, silakan simak narasi saya berikutnya sembari nyeruput kopi.

Ketika Blog Sodara sudah dibuat dengan cara-cara sama persis seperti langkah-langkah di atas, maka Sodara akan dikembalikan ke rahim ibu Sodara. Eh. Bukan gitu. Maksud saya, Sodara akan dikembalikan ke Dashboard Blogger di mana di sanalah Sodara kemudian memiliki kendali penuh atas Blog yang Sodara buat itu. Di sana, Sodara nanti dapat melakukan post artikel, edit artikel, hapus artikel, ubah template (tamplilan Blog), dan masih banyak lagi termasuk salah satunya yaitu Sodara juga bisa melakukan kemitraan dengan Google Adsense melalui Dashboard Blogger milik Sodara sekalian.

Kini, saatnya Sodara melakukan post pertama. Silakan Sodara bikin dan tulis artikel yang baik dan bagus serta enak dibaca. Usahakan artikel pertama ini Sodara tulis dengan teliti, serta yang tak kalah penting juga, Sodara menulisnya dengan penuh perasaan. Hehehe.

Caranya? Begini. Klik Entri baru. Lihat gambar berikut.
Gambar 6.
Sodara kemudian akan di-redirect ke kolom post tulisan. Penampilannya, setelah saya beri tulisan panjang akan seperti ini. Perhatikan apa-apa yang saya beri tanda dengan kotak warna hijau.
Gambar 7.
Keterangan singkat gambar no.7 di atas adalah sebagai berikut.

Isi Judul yang menarik, namun jangan terlalu panjang. Usahakan singkat, padat, berisi, dan kenyal. Eh.

Isi kolom artikel semampu Sodara. Saran saya, tulislah artikel yang Original alias asli bukan KW apalagi hasil copas dari Blog orang lain. Boleh copas, dari Ms Word misalnya yang sebelumnya memang sudah Sodara tulis sendiri di sana. Intinya, jangan memposkan tulisan artikel hasil copas milik orang lain. Paham?!

Selain itu, saya sarankan pula untuk membikin artikel yang lumayan panjang. Ya minimal 650 kata lah. Sodara tak perlu menghitungnya, jika Sodara menulisnya di Ms Word, maka ia akan menghitung secara otomatis. Ini sekadar saran, bukan kewajiban.

Lalu, jangan lupa pula untuk mengisi kolom Label. Di sana, barangkali bagi pemula tidak penting, tapi percayalah bahwa memasukkan Label itu sangat penting terutama nanti jika tulisan pada Blog Sodara sudah sangat banyak, Sodara bisa menyortirnya dengan menggunakan adanya Label tersebut.

Jangan lupa pula untuk memasukkan minimal 1 gambar pendukung artikel. Usahakan gambar yang dipilih tidak melanggar ketentuan. Baca aturan pengambilan gambar bebas hambatan berikut.
Gambar 8.
Untuk gambar nomor 8 di atas, saya narasikan sebagai berikut.

Pada paragraf terakhir sebuah artikel, biasanya saya meng-italic-kan diksinya. Mengapa? Karena biasanya ia bukan bagian dari inti tulisan yang ingin saya sampaikan. Ia merupakan narasi dari saya sebagai penulis artikel tersebut. Hal ini juga biasaya saya berlakukan pada kalimat pembuka.

Untuk Permalink, di sana Sodara dapat melihat bahwa Permalink itu disesuaikan dengan judul sebuah postingan. Biasanya, permalink itu saya copy lalu saya taruh permalink tersebut ke dalam suatu kata (dalam contoh pada gambar di atas, saya blog kalimat "pesan ibnu Khaldun"), kemudian saya klin Link yang berada di menu bagian atas, selanjutnya permalink tadi saya paste-kan di sana. Eh, Sodara sekalian paham enggak, sih?

Sudah, intinya jika semua saran-saran saya Sodara ikuti, dan semua langkahnya telah dipenuhi, maka Sodara selanjutnya tinggal klik "Publikasikan" atau "Publish".

Sodara mungkin akan mendapati pop-up window dari Google+, jika iya, silakan Sodara share postingan Sodara melalui pop-up window tersebut.

Selanjutnya, Sodara tinggal mempromosikan Blog Sodara ke semua orang tanpa terkecuali. Termasuk kepada mantan-mantan Sodara, terutama apabila tulisan pada postingan pertama Sodara tadi Sodara membahas mengenai mantan-mantan Sodara. Nah? Iya, kan? Hehehe.

Sudah dulu, yah. Silakan Sodara tanya-tanya di kolom komentar. Nanti saya jawab semampu saya. Kalau tidak saya jawab, berarti saya sedang berada di sini, atau di sini, atau bisa jadi malah sedang di sini.

Sekian dan terima kasih.

Salam,
Em.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *