Kumpulan Cerpen (Cerita Pendek) Fiksi dan Non Fiksi Indonesia Serta Informasi Menarik.

Friday, 28 July 2017

Menikmati Sore, Menikmati Hidup

ilustrasi, kopi/wikipedia
Sedang sore saat saya mulai menuliskan ini, kira-kira pukul 5 sore. Matari sudah menurun di kejauhan sisi barat sana. Sedangkan kopi yang baru saja kuseduh, mengepulkan asapnya. Tipis-tipis.

Aku baru saja selesai menyirami 3 tanaman yang, hidup segan mati tak sudi di halaman rumahku. Selain ketiga tanaman sekarat itu, aku juga sempat menyirami jalanan depan rumah. Yang ini tersengaja agar debu-debu tak terlalu berhamburan menyesakkan nafas manakala kendaraan-kendaraan lewat di atasnya. Dengan disirami, debu-debu itu menjadi basah dan kukira sukar untuk bisa terbang menyesakkan dada.

Sampai di paragraf ini, dari corong mesjid kudengar bacaan qira'ah yang mulai disetel menyambut maghrib tiba. Surah Al Baqarah. Saya sedikit mengenal ayat yang dibaca oleh qari' dalam kaset tersebut.

Dalam sebuah kesempatan kecil, salah seorang kawan yang berumah dekat dengan mesjid pernah berkata bahwa nikmat sebuah senja bagi mata dan telinga adalah manakala duduk di serambi rumah, mata memerhatikan orang-orang berlalu-lalang di jalanan depan rumah, sementara telinga mendengar suara qira'ah dari corong mesjid. Kuakui, hal tersebut memang menimbulkan rasa tenteram sekaligus menyenangkan hati.

Setidaknya, di rumah saya tinggal, saya masih bisa menikmati yang demikian. Entah bagaimana di tempat kalian, nantilah kalau ada waktu sela, ceritakan padaku. 

Sore memang menjadi waktu favorit banyak orang untuk bersantai. Bersantai menikmati kesejukan, menikmati suasana adem. Ada banyaj pilihan, tentu saja, bagi kita dalam menghabiskan waktu sore. Bisa dengan duduk di teras rumah seperti yang kulakukan, bisa pula dengan aktivitas lain, jalan-jalan misalnya. 

Kira-kira, hal apa saja yang jika dilakukan pada waktu sore hari begitu nikmat? Menurutku, inilah dia, 4 (empat) yang cocok dijalankan pada sore hari. 

Pertama, membaca buku.
Membaca buku merupakan kegiatan positif yang cocok sekali jika dilakukan pada sore hari. Bahkan di manapun, membaca buku di sore hari terasa begitu seksi. Menarik. Dan sejauh pengalaman saya, mudah bagi kita mencerna isi buku yang kita baca jika kita membacainya pada sore hari.

Kedua, ngopi atau ngeteh.
Duh... Dua hal ini emang nikmat banget kalo dilakukan pada sore hari, yah. Dibayangin aja udah kerasa tuh nikmatnya. Apalagi sambil ngobrol santai sama keluarga atau temen gitu, kan. Atau, bisa pula dikombinasikan dengan poin pertama, membaca buku sambil ngopi atau ngeteh. Wuihhh... Cocok bener, dah.

Ketiga, olah raga.
Menjaga kesehatan dan kebugaran fisik itu penting. Caranya ya dengan berolah raga. Nah, olah raga ini menurut beberapa sumber, bisa dilakukan kapan saja, asal jangan tengah malam aja, ya.. Entar jadinya dikira olah raga apaan, kan.. Hehe. Olah raga di sore hari yang bisa dilakuin yaitu misalnya jogging atau senam.

Keempat, jalan-jalan.
Di beberapa buku cerita lawas macam Balada Si Roy, tak jarang disebutkan istilah JJS yaitu singkatan dari jalan-jalan sore. Memang sih, ya, jalan-jalan di sore hari itu nikmat. Tak harus ada tujuannya pun, asal jalan saja ke mana gitu pasti nikmat. Muter-muter kampung atau lihat pembangunan proyek misalnya.

Itulah beberapa hal yang jika dilakukan pada sore hari cukup menyenangkan. Beberapa hal di atas tentu saja memakai kaidah atau standar umum. Jadi kalau kita misalnya sedang ada pekerjaan pada sore hari atau sedang lembur kerja, barangkali keempat hal tersebut tak bisa kita lakukan.

Selain keempat hal di atas, barangkali masih ada hal lain yang juga nikmat jika dikerjakan pada sore hari. Menurut kalian, apa kira-kira selain keempat hal di atas? Share di kolom komentar, yah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *