Kumpulan Cerpen (Cerita Pendek) Fiksi dan Non Fiksi Indonesia Serta Informasi Menarik.

Sunday, 16 July 2017

Internet Gratis?

Internet Access. (gambar dari; Golden Rural)

Internet sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Sebagian dari kita bahkan mungkin menggantungkan hidup kita dari internet. Kita yang memiliki usaha yang mana dalam operasinya memerlukan jaringan internet, tentu akan kelabakan jika saat sedang bekerja mendadak koneksi internet kita terputus. Jangankan terputus, saat ada gangguan saja bisa jadi kita uring-uringan.

Masih ada hal lain yang bisa kita urai jika kita bicara mengenai internet. Ada sisi-sisi yang selalu bersinggungan dengannya baik langsung maupun tak langsung. Kita memang hidup di zaman yang hampir kesemuanya memiliki hubungan dengan internet. 

Dalam artikel sederhana ini saya hendak menuliskan sedikit mengenai bagaimana kita bisa mengakses internet secara gratis. Ya, benar. Gratis!

Memangnya bisa? Bukankah itu hanyalah akal-akalan dan sebagian besarnya merupakan hoax? Bukankah internet gratis itu sebenarnya hanyalah omong kosong belaka di zaman yang serba bayar ini? 

Tenangkan dulu, Saudara-saudara. Karena sejatinya internet gratis itu benar-benar ada. Sebagian dari trik berinternet gratis bahkan sudah pernah saya coba. Hampir semuanya juga telah pernah saya rasakan keberhasilannya.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan untuk memperoleh akses internet secara gratis? Berikut ini beberapa hal dalam catatan saya. 

1. Adanya koneksi internet di tempat kita.
Sudah pasti kalau mau berinternet gratis, ya harus dipastikan terlebih dulu bahwa di tempat kita ada jaringan internet yang terjangkau. Persoalan milik provider mana, itu urusan gampang dan nanti ada pembagiannya sendiri.

2. Memiliki perangkat device (laptop/ponsel Android).
Jika sudah jelas ada koneksi internet, yang perlu dimiliki kemudian yaitu perangkatnya. Di sini saya catatkan laptop atau ponsel android. Karena keduanya cukup mudah untuk dijangkau. Catatan: untuk laptop diperlukan pula sebuah modem (3G/4G terserah), usahakan yang GSM.

3. Simcard alias kartu sim atau kartu perdana.
Nah, ini juga harus dimiliki ya, saudara-saudara. Karena untuk artikel kali ini yang hendak saya urai bukan internet gratis yang memakai jaringan wi-fi melainkan jaringan internet provider (indosat, XL, Tri, Telkomsel dst).

4. Persiapkan beberapa aplikasi.
Setelah tiga hal di atas terpenuhi, selanjutnya yaitu kita install beberapa aplikasi pendukung internet gratis ini. Ada cukup banyak. Silakan saudara-saudara cari aplikasi berikut:
 
Laptop: Bitvise, Proxifier, dan Inject yang work, ketiga aplikasi ini dijalankan dalam satu kesatuan.  Catatan: inject yang work ini biasanya mudah diperoleh melalui grup-grup Facebook. Saran saya, masuklah ke grup Facebook "Internet Gratis" nanti ada banyak grup, masuk dan pelajari di sana bagaimana semuanya bisa dijalankan.

Ponsel Android: HTTP Proxy Injector, atau KPN Tunnel Ultimate. Keduanya tidak dalam satu kesatuan seperti aplikasi di laptop. Catatan: untuk operasinya nanti membutuhkan yang namanya "config". Dan config ini bisa diperoleh melalui grup Facebook.

Pada poin ke empat ini, baik melalui laptop atau melalui ponsel android, membutuhkan satu hal penting yaitu akun SSH. Kita bisa membelinya melalui para penjual akun SSH yang dapat kita jumpai di grup-grup Facebook. Kalau tak mau beli, kita bisa mendapatkannya secara gratis dengan membikin sendiri di globalssh, fastssh, fullssh dan lain-lain.

5. Kesabaran dan kemauan untuk belajar.
Ini menjadi hal penting bagi kita yang ingin dapat menikmati internet gratis. Kita harus bersabar karena tidak semuanya bisa kita dapatkan secara instant dan mudah. Kita juga memerlukan "modal" karena bagaimanapun ini tidak sepenuhnya gratis pada awalnya. Untuk itu, kita harus memiliki kemauan belajar yang tinggi jika kita ingin memiliki akses internet secara gratis.

Demikianlah kiranya beberapa poin penting jika kita ingin bisa menikmati akses internet gratis. Artikel sederhana ini hanya saya maksudkan sekadar untuk berbagi pengalaman. Selanjutnya, saran saya, kalau Saudara-saudara benar-benar ingin belajar bisa berinternet secara gratis, maka hal utamanya adalah mau bertanya dengan sopan. Silakan saudara-saudara googling terlebih dahulu. Cari artikel dengan kata kunci "internet gratis".

Sekian, semoga bermanfaat.

Terima kasih dan,
 
Wassalam... 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *