Kumpulan Cerpen (Cerita Pendek) Fiksi dan Non Fiksi Indonesia Serta Informasi Menarik.

Thursday, 6 July 2017

Semangat Belajar Bersama Babastudio, Bebas dan Merdeka!

Sekilas Tentang Dunia Internet
Belum lama ini mencuat kabar mengenai adanya persekusi, yaitu perlakuan buruk atau penganiyaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik. Persekusi menjadi hal yang mendadak ramai dibicarakan oleh publik khususnya di dunia maya.

Netizen (warganet) ramai-ramai memperbincangkannya di berbagai media sosial, mulai dari yang mengutuk keras tindakan persekusi, hingga yang mendukung tindakan tersebut atas nama SARA. Hal ini agaknya cukup mengkhawatirkan lantaran semestinya kita tahu bahwa kebebasan berkspresi (utamanya di dunia maya) harus disertai tanggung jawab, namun juga kita tak boleh semena-mena mengambil tindakan terhadap siapapun yang tengah belajar memahami bagaimana sejatinya kebebasan ekspresi tersebut dan sampai sejauh manakah batasannya.

Dalam berita yang dirilis detik.com beberapa bulan silam, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwasanya kondisi demokrasi di Indonesia sudah kebablasan. Terdapat penyimpangan praktik demokrasi karena adanya kebebasan yang tidak disertai tanggungjawab yaitu dengan saling melempar fitnah, mengabarkan berita bohong, dan terjadi saling hujat di mana-mana, utamanya di media-media sosial. Sementara itu, mengenai pesekusi, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa perlakuan persekusi harus ditindak secara tegas oleh pihak kepolisian.

Kebebasan memang kita butuhkan untuk menunjang kemajuan beropini di kalangan masyarakat. Kita semua tentu tidak berharap kebebasan kita dikurung oleh peraturan-peraturan ketat yang mengharuskan kita bungkam dan diam tanpa diperbolehkan untuk mengekpresikan pendapat dan opini kita. Namun demikian, betul apa yang diungkapkan oleh Pak Presiden, bahwa kita juga harus memiliki rasa tanggungjawab atas pendapat dan opini yang kita ekspresikan.

Di dunia internet, kita memang akan dengan mudah menemukan berbagai macam informasi, kabar, sebaran berita dan lain-lain yang bersifat opini subjektif. Dari berbagai macam opini tersebut, tak jarang kita temukan sebagai opini yang menyinggung pribadi atau kelompok lain. Hal ini yang semestinya kita sadari betul. Kita sebagai warganet (terutama yang bergelut di dunia media-online) semestinya mampu memberikan dan berperang sekeras tenaga untuk menenggelamkan hal-hal negatif yang diunggah oleh orang-orang ke ranah internet publik. Sehingga siapa saja yang membuka laman berita atau bahkan beranda media sosial mereka, mereka lebih banyak menemukan informasi positif yang dapat menunjang diri mereka untuk melangkah di atas jalan positif.

Kita sendiri juga sudah seharusnya memiliki kewajiban untuk bertanggungjawab atas apa yang kita sampaikan melalui media internet. Kita harus menjaga agar dunia internet yang begitu luas ini menjadi dunia yang ramah dan sehat baik bagi mental maupun intelektual kita. Demi mewujudkan rasa tanggungjawab ini, pada mulanya kita perlu sama-sama memiliki semangat belajar. Yaitu belajar untuk membagikan hal-hal positif dan bagaimana menyaring berita dan informasi positif untuk kita konsumsi.

Sebelum itu semua, ada satu pertanyaan penting yaitu di manakah kita dapat menemukan tempat belajar yang tepat untuk mengarungi dunia internet? Di manakah kita sebaiknya menimba ilmu mengenai dunia internet yang kian hari kian berkembang dan kian ketat persaingannya ini? Kapan pula kita semestinya mulai mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia online tersebut?

Untuk menjawabnya, kita perlu memahami terlebih dahulu bahwa masa depan dunia internet berada di tangan kita, terutama kita yang memiliki concern dalam ranah kemajuan bangsa melalui internet. Yaitu kita yang didaku sebagai penulis, publisher, blogger, pers, dan semua pihak yang berada bersama kita dalam membangun komunitas internet sehat mulai dari desainer grafis, webmaster, internet marketer, juru SEO dan seterusnya.

Dari hal tersebut, saya akan mengurai pelan-pelan, satu per satu tentang bagiamana kita harusnya mulai belajar mengenai dunia internet, dunia online, dan dunia komputerisasi. Selain itu, saya juga akan menjawab pertanyaan tadi tentang di manakah kita dapat menemukan tempat belajar hal-hal yang telah saya sebutkan itu serta kapan kita dapat memulainya.

Babastudio, Tempat Belajar dan Kursus Secara Online Terbaik
Babastudio merupakan web consultant and training, yaitu tempat kursus untuk mempelajari mengenai dunia online, baik belajar komputer, belajar desain grafis (graphic design), belajar pembuatan web serta desain webnya, pembuatan flash dan animasi hingga internet marketing. Dapat dikatakan, Babastudio merupakan tempat kursus online terlengkap yang dapat kita tuju jika kita hendak belajar mengenai dunia online.
Pusintel AD RI mengikuti pelatihan Web dan SEO di Babastudio. Foto dari Galeri Babastudio.

Mengapa harus Babastudio? Karena di sanalah kita dapat memilih dua opsi yaitu belajar secara langsung datang ke studio kursus mereka, atau kita belajar secara online sambil duduk di rumah menghadap layar komputer. Di samping itu, Babastudio yang telah berdiri sejak tahun 2003 silam, juga memiliki prestasi luar biasa yang di antaranya yaitu pernah 5 kali memenangkan penghargaan ICT Awards dari Menkominfo. Selain itu pula, mereka termasuk sebagai tempat kursus perintis pelopor toko buku online nomor 1 di Indonesia.

Lain dari pada itu, alasan mengapa kita memilih tempat kursus Babastudio yaitu karena sudah ada ribuan, atau tepatnya sekitar 4000 lulusan Babastudio yang telah berhasil bergelut di dunia online setelah kursus di Babastudio. Ini tentu saja menjadi pertimbangan lain mengapa kita harus memilih Babastudio sebagai tempat kita belajar dunia internet.

Lalu, apa saja yang dapat kita pelajari di Babastudio? Banyak sekali, jawabannya. Saya akan sedikit mengurai satu per satu apa saja yang dapat kita pelajari di Babastudio, tempat kursus online terbaik ini.

Jika kita ingin bergelut di dunia internet, tentu saja kita harus sedikit banyak menguasai komputer baik tentang perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunaknya (software). Bagaimanapun, komputer merupakan peralatan terpenting jika kita ingin serius belajar di dunia online. Maka dari itu, kursus komputer online melalui Babastudio harus menjadi perkara yang perlu kita dahulukan sebelum kita memilih paket kursus lain di Babastudio.


Desain grafis merupakan elemen penting dalam dunia online. Jika kita menengok situs-situs media terkini semacam Mashable, TirtoID, atau Mojok, kita dapat menemukan desain grafis yang apik dalam tiap-tiap konten yang mereka sajikan. Untuk itulah, kita juga perlu belajar kursus desain grafis. Di Babastudio memangnya ada? Ada. Jelas ada. Dengan melihat bagaimana Babastudio telah berhasil menelurkan profesional di berbagai bidang termasuk graphic designer, kita tak perlu lagi merasa ragu untuk memilih Babastudio sebagai tempat kursus desain grafis terbaik. Percayalah bahwa saat ini tenaga profesional desain grafis masih banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan rintisan maupun yang telah mapan.


Ini juga tak kalah penting, kursus website online. Dalam rilisannya, Babastudio menyebutkan bahwa "Paket kursus website ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan bahasa pemrograman komputer dan ingin melangkah lebih jauh dari hanya sekedar menjadi seorang Web designer. Paket Kursus Website ini akan membuat kamu menjadi seorang Webmaster. Mampu mendesign dan juga membuat pemprograman." Nah, untuk itu bagi kita yang hendak menjadi seorang webmaster, tak perlu lagi kita meragukan kompetensi Babastudio dalam bidang ini.


Nah, untuk yang satu ini sedikit diprioritaskan bagi kita yang hendak berfokus pada dunia marketing terutama marketing via internet alias pemasaran melalui internet. Jika kita mau menyadari, saat ini kian menjamur baik individu maupun kelompok yang juga tertarik untuk memperlajari internet marketing. Tujuannya sangat jelas yaitu mencari pangsa pasar atas produk mereka baik jasa layanan maupun produk fisik seperti komoditas sandang, pangan, hingga bahan baku. Di sinilah kita dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis online.

Beberapa hal yang akan kita peroleh dari kursus internet marketing di Babastudio ini antara lain; 1) Bagaimana cara babastudio melipatgandakan penjualannya secara online sampai 40 x Lipat menggunakan digital marketing. 2) Anda bisa tau produk apa yang pasti LAKU jika dijual secara online. 3) Anda bisa tau siapa saja competitor anda Dan kekurangan mereka

 

Untuk menjadi webmaster yang handal, kita juga perlu memerhatikan SEO. Belajar SEO menjadi bagian tak terpisahkan bagi kita yang ingin mengabdikan diri pada kemajuan dunia internet, dunia online. Untuk itulah kita senantiasa perlu mengambil kursus SEO online di Babastudio ini. Tagline Babastudio mengenai kursus SEO ini yaitu "Membuat Website Anda di senangi oleh Google sehingga berada di urutan teratas." Nah, untuk itulah kita tak perlu lagi ragu memilih Babastudio sebagai tempat kursus SEO online agar website yang kita bangun memiliki nilai positif bagi mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain.


Hah? Di Babastudio juga ada kursus animasi? Ada dong... Di atas tadi kan sudah saya sebutkan bahwasanya Babastudio ini tempat kursus yang sangat lengkap. Untuk kursus pembuatan flash animasi alias animasi bergerak ini juga tersedia paketnya di Babastudio. Perlu diingat juga ya, bahwasanya untuk yang ingin belajar animasi di Babastudio ini tidak perlu memiliki kemampuan dasar seperti bisa menggambar, bisa mengoperasikan software-software pembuat animasi, tidak perlu. Yang masih sangat awam pun dijamin setelah lulus mengikuti kursus ini akan mampu menjadi profesional di bidang animasi. Jadi, kita yang masih awam banget soal dunia pembuatan animasi, akan diajarkan mulai dari nol hingga jadi animator profesional.

Itulah keenam paketan kursus yang dapat kita ambil di Babastudio. Kita dapat memilih salah satunya, salah duanya, atau semuanya. Nah, jadi sekarang kita telah menemukan satu jawaban pertanyaan saya di atas tadi mengenai di mana kita dapat menemukan tempat kursus terbaik untuk mempelajari dunia internet. Selanjutnya, kita jawab pula pertanyaan lain yaitu tentang kapan waktunya yang tepat bagi kita untuk mulai belajar dan memulai kursus di Babastudio tersebut? Jawabannya ada sekarang juga. Kenapa harus sekarang? Karena di Babastudio kita akan menemukan promo-promo paket kursus yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. So, tunggu apa lagi? Ingat, untuk menjadi seorang profesional kita perlu bertindak tepat dan cepat.

Bebas Merdeka Belajar Darimana dan Kapanpun Bersama Kursus Online Babastudio
Sebagai insan kita dibelaki daya cipta, rasa, dan karsa. Kita pulalah sebagai manusia yang memiliki kemampuan menjadi pemimpin di atas muka bumi ini. Untuk hal itu kita sebagai manusia perlu memupuk semangat kita dalam hal belajar dan berproses. Di dunia internet, kita memang dengan mudah menemukan hal-hal positif serta mudah pula kita temukan hal-hal negatif.


Jika kita memupuk kepedulian kita akan masa depan bangsa dan umat manusia, maka sudah sepantasnya kita juga mulai melek dan mau memedulikannya melalui dunia internet. Kita harus menguasai dunia internet, dunia online agar kita tak terus menerus menjadi generasi konsumen. Sudah saatnya kita bangkit menciptakan hal-hal positif teranyar yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh umat manusia seluas-luasnya. Inilah waktunya yang paling tepat bagi kita untuk mewujudkan kemerdekaan kita sebagai umat manusia. Kemerdekaan yang benar-benar merdeka, yang terbebas dari kungkungan kebodohan. Sudah saatnya kita menggapai kebebasan, kemerdekaan dengan terus memupuk semangat kita untuk belajar bersama Babastudio.

Babastudio, bagi pribadi saya merupakan gerbang besar yang dapat mengantarkan kita pada kemerdekaan yang tinggi. Kita bisa masuk ke dalamnya untuk mempelajari penguasaan dunia komputer, dunia internet, dan dunia sejenisnya yang berkaitan dengan aktivitas online. Tak dapat dipungkiri, di dunia saat ini, kita juga harus berperan aktif memajukan bangsa kita dengan semangat patriotisme melalui pembuatan karya-karya yang dapat ditunjukkan kepada semua orang, tentu saja melalui aktivitas online.

Terakhir sebelum tulisan sederhana ini saya tutup, sedikit saya sampaikan di sini sekali lagi bahwa kita memang memiliki kebebasan untuk mengekpresikan opini maupun pendapat kita. Namun demikian, kita juga perlu memberi batasan-batasan atas diri kita agar terhindar dari segala bentuk keserakahan yang justru menjadikan kita kebablasan dalam mengekspresikan kebebasan. Untuk itulah, mari bersama-sama kita jaga kemerdekaan bangsa kita ini dengan mejaga kebebasan yang disertai tanggungjawab.

 
Share:

4 comments:

  1. Di mana adanya Babastudio ini, kak? Mahal gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung klik url website nya Babastudio saja, gan..

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *